Sri Sultan jadi salah satu tokoh penerima Maritime Awards 2022

Yogyakarta – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X terpilih menjadi salah satu penerima penghargaan maritim atau Maritime Awards 2022 karena dinilai sebagai tokoh yang berkontribusi terhadap pengembangan kemaritiman di Indonesia.

Kategori penghargaan Soedarpo Sastrosatomo sebagai Inisiator kebijakan di bidang pembangunan maritim akan diberikan kepada Sultan HB X saat penyelenggaraan Maritime Awards 2022 oleh International Sea Port Exhibition and Conference (ISPEC) di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada 16 Desember 2022.

“Secara kuantitatif maupun kualitatif, lembaga riset yang kami tunjuk menangkap ternyata Ngarsa Dalem (Sultan HB X) itu sekian lama sejak dari tahun 2006 memang sudah ‘concern’ (perhatian) terhadap Maritim,” kata Ketua Pelaksana ISPEC dan Maritime Award Fajar Bagoes Poetranto usai menemui Sultan HB X di Kepatihan, Yogyakarta, Jumat.

Penetapan Sultan HB X sebagai salah satu tokoh nasional penerima penghargaan Maritime Awards 2022, kata Fajar, telah melalui proses seleksi beberapa dewan pakar.

Proses seleksi tersebut melibatkan 21 dewan pakar dan dilakukan melalui riset dan survei publik pada Juli 2022.

Ketua Dewan Pakar ISPEC Wahyono Bimarso menuturkan Sri Sultan merupakan sosok yang sangat perhatian terhadap perkembangan kemaritiman, khususnya pelayaran di Indonesia sehingga dinilai tepat menjadi salah satu tokoh nasional yang dianugerahi penghargaan tersebut.

Ia menjelaskan Maritime Awards 2022 merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh ISPEC dengan bekerja sama dan didukung oleh beberapa kementerian serta beberapa pemangku kepentingan.

Selain kategori penghargaan Soedarpo Sastrosatomo, kata Wahyono, terdapat pula kategori penghargaan Djuanda Kartawidjaja dalam Maritime Awards 2022 ini.

Selain menerima penghargaan, kata dia, Sri Sultan juga bakal menyampaikan kuliah umum tentang kemaritiman pada ajang Maritime Awards 2022.

“Visi maritim Indonesia itu seharusnya seperti apa? Nah kuliah umum dari Sri Sultan diharapkan akan bisa memberikan gambaran global tentang negara kita yang memang disebut sebagai negara maritim itu harusnya seperti apa gitu,” tutur dia. (Ant)